Langsung ke konten utama

LRT (Light Rail Transit) DI INDONESIA


LRT (Light Rail Transit) DI INDONESIA






Disusun Oleh :

Nama :Veraisya Putri Isnaindita

Kelas : 1EB18

NPM : 26217072







UNIVERSITAS GUNADARMA

2017




BAB I

PENDAHULUAN

Jakarta Light Rail Transit atau disingkat Jakarta LRT adalah sebuah sistem MassTransit dengan kereta api ringan (LRT) yang direncanakan akan dibangun di JakartaIndonesia dan menghubungkan Jakarta dengan kota-kota disekitarnya seperti Bekasi dan Bogor. Ada 2 penggagas LRT di Jakarta, Pemprov DKI yang akan membangun LRT dalam kota dan PT Adhi Karya yang akan membangun penghubung Jakarta ke kota sekitarnya.

Gagasan LRT Jakarta mulai muncul ketika Proyek Monorel Jakarta yang sempat diaktifkan kembali pada Oktober 2013 oleh Gubernur DKI saat itu, Joko Widodo tersendat pengerjaannya. Tersendatnya pekerjaan tersebut karena Pemprov DKI dan Gubernur DKI penerus Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama tidak akan mengabulkan permintaan yang diajukan oleh PT Jakarta Monorail untuk membangun depo di atas Waduk SetiabudiJakarta Selatan dan Tanah AbangJakarta Pusat. Sebab, hasil kajian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PU-Pera) menyatakan bahwa jika depo dibangun di atas Waduk Setiabudi, dikhawatirkan peristiwa jebolnya tanggul Latuharhari terulang kembali.




BAB II

ISI

LRT (light rail transit) merupakan kereta cepat dengan jalur khusus, LRT dibangun sebagai pengganti dari rencana pembangunan monorail. LRT Jabodetabek mulai dilaksanakan pembangunannya dengan ground breaking oleh Presiden Joko Widodo pada 9 September 2015. LRT Pemprov DKI dimulai dengan pembangunan koridor 1 Kelapa Gading - Velodrome (Rawamangun) pada 22 Juni 2016.

 Pembangunan Tahap I akan membangun rute Bekasi Timur – Cawang – Kuningan – Dukuh Atas, dan Cibubur - Cawang. Jalur dan stasiun LRT akan menggunakan jalur tepi jalan tol yang telah mendapatkan izin prinsip dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor TN.13.03- Mn/408 tanggal 19 Mei 2015. Moda ini dibangun elevated dengan ketinggian antara 9-12 meter di atas permukaan tanah. Total dana yang dibutuhkan untuk proyek LRT Tahap I ini mencapai Rp 2,745 Triliun. Dari jumlah itu, 51 persen atau sebesar Rp 1,4 Triliun dibiayai oleh Penyertaan Modal Negara (PMN) melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2015. Sisanya Rp 1,345 Triliun dari dana publik penjualan saham right issue kuartal pertama 2015. Sedangkan Tahap II akan membangun jalur Cibubur – Bogor, dan Dukuh Atas – Palmerah – Senayan. Sementara tahap III membangun jalur Palmerah - Grogol.

Track yang semula direncanakan menggunakan narrow gauge 1067 mm sebagaimana track yang ada di Jawa dan Sumatera, diubah menjadi standard gauge 1435 mm karena mayoritas kereta LRT di dunia dibangun dengan sistem itu, sehingga diyakini akan memudahkan dalam pemilihan dan pembelian rolling stock atau armada kereta.

Untuk JABODETABEK ada enam rute, yaitu:

  • Cawang – Cibubur
  • Cawang – Kuningan – Dukuh Atas
  • Cawang – Bekasi Timur
  • Dukuh Atas – Palmerah Senayan
  • Cibubur – Bogor
  • Palmerah – Grogol / Bogor





Untuk dalam kota ada tujuh rute untuk LRT, yaitu :


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/1/13/Jabodetabek_Urban_Railway_Network_Map.png/350px-Jabodetabek_Urban_Railway_Network_Map.png

Gambar 2.1

·         Depo LRT

Depo LRT Jakarta nantinya mampu menyimpan sebanyak 196 gerbong LRT. Sedangkan pengoperasian awalnya, Jakpro telah menyiapkan sebanyak 16 gerbong. Saat pengoperasian awal nanti, kereta akan datang setiap 10 menit sekali dan mampu mengangkut sekitar 540 penumpang sekali jalan Percepatan pembangunan proyek LRT Jakarta dalam rangka Asian Games 2018 akan melintasi 6 stasiun layang termasuk didalamnya pembangunan depo yang berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua, Jakarta Utara. Pembangunan depo ini juga menjadi salah satu lingkup dalam pekerjaan kontrak P102 (Pembangunan Prasarana LRT Jakarta) yang dikerjakan oleh perusahaan konstruksi BUMN, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Secara umum Depo LRT Jakarta direncanakan dapat mengakomodir kurang lebih 40 km koridor LRT dalam masa pengoperasiannya. Depo ini akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan Kereta LRT, pemeliharaan Kereta LRT, dan sekaligus sebagai Balai Yasa (Bengkel) Kereta LRT. Pada tahap awal akan dioperasikan sebanyak 8 articulated Kereta LRT atau 4 train sets (1 train set = 2 articulated Kereta LRT atau 4 gerbong LRT) dengan headway sekitar 10 s/d 15 menit. Rencananya rangkaian kereta atau rolling stock LRT Jakarta akan tiba lima bulan sebelum Asian Games 2018 dimulai yaitu sekitar akhir bulan April 2018.




BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

LRT (light rail transit) merupakan kereta cepat dengan jalur khusus, LRT dibangun sebagai pengganti dari rencana pembangunan monorail. LRT Jabodetabek mulai dilaksanakan pembangunannya dengan ground breaking oleh Presiden Joko Widodo pada 9 September 2015. LRT Pemprov DKI dimulai dengan pembangunan koridor 1 Kelapa Gading - Velodrome (Rawamangun) pada 22 Juni 2016, yang menelan biaya pada Tahap I ini mencapai Rp 2,745 Triliun. Dari jumlah itu, 51 persen atau sebesar Rp 1,4 Triliun dibiayai oleh Penyertaan Modal Negara (PMN).

3.2 Saran

            Dengan dibangunnya LRT diharapkan lebih banyak masyarakat yang beralih kemoda transportasi masal yang nantinya diharapkan dapat mengurangi kemacetan di jalan raya sehingga Indonesia dapat menjadi lebih baik lagi dan tidak ada lagi kemacetan, dan polusi yang timbul dari asap kendaraan bermootor.




REFERENSI



http://megapolitan.kompas.com/read/2017/08/18/11592691/rangkaian-kereta-untuk-lrt-jakarta-tiba-april-2018



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Permohonan HKI

Tata Cara Permohonan HKI #pertemuan_3 Hak kekayaan intelektual (HKI) adalah hak hukum yang menjamin bahwa seorang penemu/pencipta dapat memperoleh hak-haknya secara eksklusif baik secara materiel maupun imateriel atas karya yang dihasilkan. HKI mengacu pada dua hal secara umum, yaitu hak cipta dan hak milik industri. 10.1 Hak Cipta Hak cipta  adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Syarat-syarat permohonan pendaftaran hak cipta : 1. Nama, kewarganegaraan dan alamat pencipta. 2. Nama, kewarganegaraan dan alamat pemegang hak cipta. 3. Judul ciptan. 4. Tanggal dan tempat diumumkan untuk pertama kali. 5. Uraian singkat Ciptaan. 6. Contoh ciptaan dengan ketentuan sebagai berikut : ·          Buku dan Karya Tulis lainnya : 2 buah yang te...

Bentuk Badan Usaha Dan Hukum Yang Menyertainya

Bentuk Badan Usaha Dan Hukum Yang Menyertainya Nama : Veraisya Putri I NPM : 26217072 Kelas : 2EB16 Pertemuan 2 7.1 Pengertian Badan Usaha Badan usaha adalah kesatuan yuridis/hukum dan ekonomis yang memiliki tujuan untuk mencari laba atau keuntungan. Ada banyak contoh dan jenis-jenis badan usaha yang ada di indonesia, bisa berupa koperasi, badan usaha milik negara (bumn) dan juga badan usaha milik swasta (bums). Badan usaha berbeda dengan perusahaan. Perbedaan badan usaha dan perusahaan adalah pada badan usaha bersifat sebagai lembaga, sementara perusahaan adalah tempat di mana badan usaha itu mengelola faktor-faktor produksi dalam kegiatan usaha. Di indonesia ada banyak macam-macam badan usaha yang ada. Secara umum bentuk-bentuk badan usaha dibedakan menjadi dua yakni badan usaha milik negara serta badan usaha milik swasta . Ada juga jenis usaha koperasi yang menyokong perekonomian rakyat. 7.2 Perseroan Terbatas (PT) Perseroan terbatas negara atau Per...